Pengaruh Jazz di Dunia Musik dan Rekaman Tanah Air (1)
Posted on: 03/01/2013, by : Kurator Arsip
Share on Facebook1.1kTweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on Reddit0Email this to someone

 

Beka

Gambar di samping adalah sebuah contoh plat rekaman (78 rpm) dari Dutch East Indies/Indonesia yang terpengaruh Jazz. Tahun rekaman belum dapat dipastikan namun berdasarkan nomor matrix diperkirakan antara 1930-1935. Yang pasti sudah kami ketahui rekamannya di Semarang, lalu diproses di Batavia, dan sesudahnya dibawa ke Jerman untuk dibuat masternya dan dicetak. Hasilnya dibawa kembali ke Dutch East Indies untuk dijual.

Lagu O Sarinem ini dinyanyikan dalam bahasa Jawa campur Melayu oleh duo Manila & Manilem, juga terdengar sahutan seorang wanita (yang tidak diberi kredit di label plat ini) dalam bahasa Belanda; dan didukung oleh kelompok, yang masih merupakan misteri, bernama Tiong Hwa Jazz dari Semarang. Ada solo trumpet yang lumayan “hot” di lagu ini. Nampaknya sedikit terpengaruh pemain trumpet Jazz awal seperti macam Bix Beiderbecke si pemain trumpet ini. Dan uniknya ada juga break perkusi (nampaknya kotak instrumen yang diketuk dengan stick drums) dan gayanya mirip-mirip Baby Dodds.

Kalau ada yang tahu informasi lebih banyak soal plat atau kelompok ini,  kami mohon untuk menghubungi Arsip Jazz Indonesia. Informasi apapun akan kami terima. Data yang didapat akan kami olah untuk materi buku sejarah Jazz di Indonesia yang sedang kami susun. Tentunya kredit akan diberikan sepenuhnya. (ADT)

Tulisan Terkait:

Pengaruh Jazz di Dunia
Musik dan Rekaman Tanah Air (2)

One thought on “Pengaruh Jazz di Dunia Musik dan Rekaman Tanah Air (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »