Pengaruh Jazz di Dunia Musik dan Rekaman Tanah Air (2)
Posted on: 10/30/2015, by : Kurator Arsip
Share on Facebook1.1kTweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on Reddit0Email this to someone

 

Terkadang tak dapat diduga kejutan apa yang menanti saat kita berburu piringan hitam di berbagai lapak. Satu hari di Malaysia kami secara tak sengaja menemukan sebuah piringan hitam test pressing satu sisi yang sangat sederhana bentuknya. Label piringan hitam tersebut berwarna putih dengan kombinasi tambal-sulam potongan kertas mesin tik, cap tanggal, dan tulisan tangan. Kondisi piringan hitam bisa dikatakan sangat bersih yang mana sangat jarang ditemui oleh kami. Yang segera menangkap perhatian kami adalah nama Roekiah dan band pengiring The Hot Syncopators. Judul lagunya Terkedjoet.

Roekiah (1917-1945) [lihat Wikipedia untuk lebih banyak tentang beliau] segera dapat kami ambil kesimpulan adalah bintang film dan penyanyi Indonesia yang pada saatnya sangat terkenal. Memang kami ketahui pada saat itu beliau memiliki kontrak khusus dengan perusahan rekaman HMV sehingga cukup banyak rekaman yang dihasilkan olehnya. Dus pada saat bersamaan kami bisa ambil kesimpulan band itu tak lain dari house band HMV yang kerap mengiringinya.

Setelah mendengarkan lagu tersebut, segera kami dibuat memang cukup terkedjoet. Ternyata lagu tersebut tak lain dan tak bukan adalah hasil penyaduran dari lagu Amerika yang berjudul The Birth of The Blues. Lagu ini cukup terkenal pada masanya karena dibawakan oleh cukup banyak pemusik kondang Amerika seperti Bing Crosby, Cab Calloway, Frank Sinatra, Louis Armstrong, dan lain-lain. Dus kembali kita melihat secara langsung peranan yang cukup kuat pengaruh jazz di dunia musik tanah air.

Apakah lagu Terkedjoet  ini dibawakan oleh mereka sahih secara jazz? Nyatanya bisa dikatakan tidak namun cukup menarik didengarkan karena walaupun demikian tetap adanya pengaruh-pengaruh jazz di sisi instrumental pengiring lagu ini. Roekiah sendiri tidak merubah cara bernyanyinya yang memang kental dengan tradisi keroncong dan langgam ketika membawakan lagu ini. (ADT)

Berikut cuplikan dari lagu tersebut.

 
Hak cipta dilindungi Undang-Undang. Sebagai lembaga penelitian nirlaba, Arsip Jazz Indonesia menampilkan lagu-lagu di atas semata untuk tujuan seperti penelitian, kesarjanaan, kegiatan belajar mengajar, kritikan, dan komentar.


Tulisan Terkait:

Pengaruh Jazz di Dunia
Musik dan Rekaman Tanah Air (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »